https://situbondo.times.co.id/
Berita

Profil Abdul Mukti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah yang Jadi Calon Menteri Prabowo

Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:48
Profil Abdul Mukti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah yang Jadi Calon Menteri Prabowo Calon Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mukti. (FOTO: Muhammadiyah)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto meminta Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mukti untuk menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah.

"Pak Prabowo pertama menyampaikan memberikan amanah kepada saya untuk memimpin Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah," kata Abdul Mukti kepada media usai bertemu dengan Prabowo Subianto, Senin (14/10/2024).

Profil Abdul Mukti 

Abdul Mukti adalah Sekretaris Umum PP Muhammadiyah dua periode. Mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah ini lahir di Kudus, 2 September 1968.

Ia menamatkan pendidikan dasarnya di kota yang sama tahun 1986. Gelar S1 diperoleh di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang pada tahun 1991, jenjang selanjutnya diselesaikan di Flinders University, South Australia pada tahun 1996.

Dikutip TIMES Indonesia dari bukunya berjudul: Toleransi yang Autentik, kini Abdul Mukti adalah dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta (2014-Sekarang). Sebelumnya ia mengajar di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (1993-2014).

Ia termasuk tokoh yang produktif menulis. Di antara buku yang ditulis adalah Kristen Muhammadiyah: Konvergensi Muslim dan Kristen Dalam Pendidikan (al-Wasath Publishing House, 2009), Inkulturasi Islam (al-Wasath Publishing House, 2009), Kristen Muhammadiyah: Konvergensi Muslim Kris- ten dalam Pendidikan (al-Wasath, 2009- bersama Fajar Rizaul- haq), Buku Pluralisme Positif: Konsep dan Implementasi Dalam Pendidikan Muhammadiyah (Majelis Pustaka Informasi PP. Mu- hammadiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2019-bersama Azaki Kairudin) dan buku Indonesia-United States Council on Religion and Pluralism.

Selain itu, Mukti juga menjadi editor dan kontributor buku Islam in Indonesia: A to Z Basic Reference (CDCC, 2010), Bijak Ber- tindak: Mengambil Keputusan Berdasar Etika Agama, (al-Wasath Publishing House, 2016), Taawun Untuk Negeri: Transformasi al-Maun Dalam Konteks Keindonesiaan, (Majelis Pustaka dan Informasi PP. Muhammadiyah dan Muhammadiyah University Press: Februari, 2019), Beragama yang Mencerahkan, (Universitas Muhammadiyah Malang, Majelis Pustaka dan Informasi PP. Muhammadiyah: Mei, 2019), Beragama dan Pendidikan yang Mencerahkan, (Uhamka Press: 2019), dan Pluralisme Positif, (Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Majelis Pustaka dan Informasi PP. Muhammadiyah: Mei, 2019).

Selain posisinya sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, ia juga aktif bergelut dalam dunia pendidikan dan dialog antariman. 
Ia pernah menjabat ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) periode 2019-2023, setelah sebelumnya menjabat Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) periode 2011-2017 dan anggota BAN-S/M periode 2006-2011.

Di level internasional, Mukti adalah anggota British Council Advisory Board 2006-2008, Indonesia-United Kingdom Advisory Board (2007-2009), Executice Committee of Asian Conference of Religion for Peace (2010-2015), dan Indonesia-United States Council on Religion and Pluralism (2016-Sekarang).

Penerima penghargaan Australian Alumni Award (2008), Abdul Mukti aktif dalam berbagai forum dialog dan kerja sama antar iman di dalam dan di luar negeri. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.