Wisata

Glass Beach California Tawarkan Pesona Kerlipan Kaca Warna Warni

Rabu, 26 Januari 2022 - 23:57
Glass Beach California Tawarkan Pesona Kerlipan Kaca Warna Warni Keindahan Glass Beach atau Pantai Kaca di California. (Foto: Traveling Yuk via Interesting)

TIMES SITUBONDO, AS – Ada yang unik dari California, Jika kebanyakan pantai menawarkan pesona hamparan pasir yang mempesona, salah satu negara bagian AS ini memiliki pantai dengan pasir yang unik, terbuat dari bongkahan kaca. Pantai ini dikenal sebagai Glass Beach atau Pantai Kaca.

Pantai Kaca terletak di sekitar Taman Nasional MacKerricher di Fort Bragg, California. Dahulu, Glass Beach merupakan pantai biasa yang diigunakan sebagai tempat pembuangan akhir sampah botol beling. Aktifitas ini dilakuakan mulai tahun 1949 sampai dengan 1967.

Botol-botol beling ini diledkakkan dengan menggunakan bom Molotov terlebih dahulu sebelum dibuang ke pantai. Namun pada tahun 1967 kegiatan ini dilarang dilakukan. Dan Glaas Beach pun ditutup untuk segala aktifitas selama beberapa dekade.

Hingga pada tahun 1998, pemilik lahan dimana pantai ini berada mengambil langkah maju. Bekerjasama dengan beberapa pihak pemerintahan terkait, pantai ini dibersihkan untuk kemudian dijual ke pemerintah yang akhirnya dimiliki oleh Taman Nasional MacKerricher pada tahun 2002 .

Pembersihan besar-besaran ini meninggalkan hasil yang mencengangkan. Pecahan kaca warna-warni menutupi permukaan pasir dan meninggalkan pemandangan yang mempesona. Sampai sekarang, bebatuan kaca tersebut itulah yang membuat pantai ini menjadi lebih indah dan memukau.

Kabarnya Glass Beach kini telah menjadi pilihan destinasi pertama bagi para wisatawan local yang menyukai pemandangan pantai. Karena pantai ini terbentuk dari tumpukan sampah kaca yang kemudian berubah menjadi bebatuan pengelola menghimbau agar pengunjung selalu menggunakan sepatu saat berada di area pantai.

Dulunya, orang- orang yang berkunjung ke pantai kaca tersebut seringkali mengambil bebatuan kaca yang berserakan. Namun sekarang pengelola melarang mereka mengambil kaca-kaca tersebut dari pantai. Dengan keindahannya, Glass Beach California kini menjadi salah satu destinasi ikonik di negara bagian AS ini. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.