Wisata

Candi Borobudur, Salah Satu Destinasi Ikonik di Indonesia

Jumat, 14 Januari 2022 - 06:10
Candi Borobudur, Salah Satu Destinasi Ikonik di Indonesia Salah satu sudut indah Candi Borobudur yanng memukau mata. (Foto: Indonesia Travel)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Berwisata keluar kota adalah salah satu cara untuk membebaskan rasa lelah setelah bekerja seharian. Magelang merupakan kota yang terbilang cukup indah dari segi pemandangan sampai tempat pariwisatanya. Ada satu tempat wisata di Magelang yang sudah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur.

Candi Borobudur mempunyai luas sekitar 2500 meter persegi dengan panjang 121,66 meter, lebar 121,38 dan tinggi 35,40 meter. Candi tersebut memiliki keunikannya sendiri yang bisa disimak oleh banyak orang. Arti nama Borobudur sendiri diambil dari nama asalnya yakni Bore-Budur  saat jaman Sir Thomas Stamford Raffles yang dikutip dari buku Sejarah Pulau jawa yang disusun dengan bahasa Inggris. (Sumber: Travel okezone)

Asal muasal candi ini dibangun adalah saat pada tahun sekitar 750 masehi di bawah pimpinan Dinasti Syailendra yang memakan waktu sampai 75 tahun lamanya saat proses pembangunannya. Candi Borobudur terdiri dari jutaan blok batu yang membentuk tiga struktur yang terdiri dari tingkatan alam semesta menurut filsafat Buddha. (Sumber: Indonesia.travel)

Selain melihat Candi Borobudur, pengunjung bisa juga melihat objek wisata lainnya seperti Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa dan museum MURI. Tak hanya museum saja yang bisa dikunjungi, pengunjung dapat menyantap beberapa kuliner asal Magelang yang terdiri dari sego godog, mangut beong sampai sop senerek dan nasi lesah.

Lokasi Candi Borobudur bisa ditempuh dengan jalur udara maupun darat. Untuk jalur udara bisa lewat Bandara Internasional Adisutjipto dan dilanjutkan dengan kendaraan umum yang memakan waktu 1 jam. Untuk jalur darat bisa menggunakan mobil pribadi atau bis yang memakan waktu sekitar 8 jam. Untuk tiket masuk dibanderol seharga Rp 25.000,00 sampai Rp 50.000,00 bagi wisatawan lokal. (Sumber: Traveloka)

Candi Borobudur adalah sebuah keajaiban yang tercipta di kota Magelang. Kita berharap semua wisatawan yang berkunjung dapat melestarikan kebersihan dan ketertiban tempat ini. Walau cukup besar, tetap harus dijaga sepenuhnya oleh masyarakat sekitar agar Candi Borobudur tidak rusak lingkungannya. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.