Wisata

Pantai Nagelan Alas Purwo Menjadi Surga Penyu di Banyuwangi

Rabu, 19 Januari 2022 - 13:30
Pantai Nagelan Alas Purwo Menjadi Surga Penyu di Banyuwangi Tukik mulai merangkak ke laut lepas di Pantai Ngagelan Banyuwangi (FOTO: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia).

TIMES SITUBONDO, BANYUWANGI – Pantai-pantai di Banyuwangi, Jawa Timur banyak yang menjadi tempat bertelur penyu. Sebut saja Pantai Ngagelan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Saat ini, terdapat 300 ekor lebih penyu dibesarkan di penangkaran sebelum dilepasliarkan.

Di Pantai Ngagelan ada empat jenis penyu, ada penyu hijau atau Chelonia Mydas, kemudian penyu sisik dengan nama ilmiah Eretmochelys Imbricata, selanjutnya penyu abu-abu yang disebut Lepidochelys Olivacea, dan penyu jenis belimbing ataupun Dermochelys coriacea.

Tukik-mulai-merangkak-ke-laut-lepas-di-Pantai-Ngagelan-Banyuwangi-2.jpg

Di musim penye bertelur, nyaris setiap hari ada puluhan penyu bertelur di bibir pantai. Dari hasil sandaran, sekurangnya ribuan telur ditemukan.

"Terakhir ada telur 1000 lebih ditemukan," salah satu Pengelola Pantai Ngagelan, Usman kepada TIMES Indonesia, Rabu (19/1/2022).

Kabar baiknya, dia menyebut, beberapa bulan kedepan akan ada lonjakan populasi penyu. "Biasanya antara bulan April hingga September musim penyu bertelur, dan bisa jadi nanti semakin banyak," ujar Usman.

Di Pantai Ngagelan ini persentase penetasan mencapai 5 persen dari total telur yang ada. (*)

Pewarta : Hafid Nurhabibi (MG-311)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.