Wisata

Yuk Dicatat, 15 Destinasi Wisata di Banyuwangi Siap Menerima Wisatawan

Jumat, 10 September 2021 - 21:04
Yuk Dicatat, 15 Destinasi Wisata di Banyuwangi Siap Menerima Wisatawan Pantai Pulau Merah Banyuwangi. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, BANYUWANGI – Kabar gembira datang dari sektor pariwisata di kabupaten Banyuwangi. Pasalnya Pemkab Banyuwangi telah membuka 15 destinasi wisata alam yang siap dikunjungi oleh para wisatawan.

Pembukaan destinasi wisata ini dimulai sejak hari ini, Jumat (10/9/2021) bagi sejumlah tempat wisata yang siap menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas maksimal 25 persen saja.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi (Disbudpar Banyuwangi), M Yanuarto Bramuda mengatakan, 15 Destinasi Wisata yang dibuka diantaranya, pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Mustika, Pantai Cacalan, dan Pantai Grand Watu Dodol (GWD).

M Yanuarto Bramuda

Selain itu Air Terjun Antogan Bunder, Pantai Cemara, Sedang Seruni, Wisata Air Terjun Jagir, Wisata Objek Alam Jopuro, wisata teluk biru, Wisata Pinus Songgon, Wisata Terakota, dan Pantai Boom Marina.

"Kita akan evaluasi, biasanya pembukaan tempat wisata dilakukan secara bertahap. Untuk 15 tadi merupakan destinasi wisata utama, dan sudah kita daftarkan untuk mendapatkan QR code ke Kemenkes," kata Bramuda.

Sementara bagi destinasi wisata yang lainnya akan dibuka secara bertahap. Namun pihaknya juga memperbolehkan apabila ada tempat wisata yang melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan.

"Untuk tempat wisata yang melakukan uji coba kita batasi pengunjung jauh dibawah 25 persen dari total kapasitasnya," cetusnya.

Dalam penerapannya, para petugas tiket telah diberikan pelatihan untuk mengkroscek sertifikat vaksin yang ditunjukkan oleh para pengunjung di destinasi wisata masing-masing.

"Saya kira cukup mudah untuk mengetahui apakah masyarakat yang datang ke lokasi sudah divaksin atau belum. Jadi nantinya mereka tinggal menunjukkan sertifikat saja. Atau bagi yang tidak membawa cukup di ketik NIK-nya saja ke sistem Peduli Lindungi," ungkap Bramuda.

Masih Bramuda, untuk saat ini Kabupaten Banyuwangi bukan hanya menargetkan jumlah wisatawan namun juga kualitas, serta keberlanjutannya.

"Kita lihat besok biasanya pada Sabtu-Minggu terjadi lonjakan jumlah wisatawan. Dan Alhamdulillah para pengelola wisata sudah paham bahwa kedepannya tidak hanya mengejar kuantitas namun juga kualitas para wisatawan," cetusnya.

Terkahir dirinya berharap, dengan dibukanya 15 destinasi wisatayang ada di kabupaten Banyuwangi ini. Bisa menjadi penggerak tempat wisata yang lainnya. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.