Pendidikan

Gus Yaqut Resmi Luncurkan SPAN-UM PTKIN 2022

Rabu, 19 Januari 2022 - 17:18
Gus Yaqut Resmi Luncurkan SPAN-UM PTKIN 2022 Menteri Agama (Menag) RI H  Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) (Foto: Kemenag RI)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) RI H  Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) resmi meluncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri tahun 2022 (SPAN-UM PTKIN 2022) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (18/1/2022) kemarin.

Gus Yaqut mengatakan, pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tersebut merupakan suatu terobosan strategis dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan bermutu tinggi. 

“Kita hari ini patut bergembira karena progres pelaksanaan sistem seleksi elektronik di masa pandemi Covid-19 ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Gus Yaqut, sapaan akrabnya yang juga Ketua Umum GP Ansor itu.

Gus Yaqut juga menyampaikan, transformasi dan investasi digital di PTKIN harus menjadi program prioritas sebagai upaya peningkatan mutu layanan PTKIN.

“PTKIN harus mampu beradaptasi meningkatkan mutu layanan berbasis kecakapan masa depan atau cognitive flexibility, creative, and innovative mindset,” terang Panglima Besar Banser itu.

Menurut adik kandung Gus Yahya ini, terdapat beberapa isu penting dalam pengelolaan perguruan tinggi meliputi, transformasi kelembagaan, transformasi digital, dan transfomasi lokal menjadi internasional.

“Saya berharap kepada semua pimpinan PTKIN untuk selalu menjadi dan membawa institusi yang nyaman sebagai tempat transfer ilmu,” tandas mantan wakil Bupati Rembang itu.

Sementara Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq menyampaikan bahwa sejumlah inovasi telah dilakukan guna mengoptimalkan pelaksanaan SPAN-UM PTKIN 2022. “Inovasi yang kita lakukan adalah integrasi dapodik, perluasan akses dari berbagai macam pihak, penjagaan mutu, dan sistem skoring," kata Imam. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Forum Pimpinan PTKIN Mahmud berharap pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik dan lancar. 

“Harapannya tahun sekarang bisa lebih hebat lagi baik pesertanya maupun mahasiswa yang nantinya terpilih,” terang Mahmud yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung itu.

Pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tahun 2022 diikuti oleh 58 PTKIN di seluruh Indonesia dan satu perguruan tinggi umum (PTU) Universitas Singaperbangsa Karawang. SPAN PTKIN bakal digelar mulai Februari hingga April 2022, sedangkan UM PTKIN pada April hingga Juni 2022.

Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam terus berupaya meningkatkan mutu perguruan tinggi. Sebelumnya, Kemenag melakukan pembinaan akreditasi program studi dan institusi pada Kamis 30 Septermberi 2021.

"Pembinaan akreditasi prodi dan perguruan tinggi merupakan upaya pemerintah yang hadir memberikan layanan kepada perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) untuk peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi,” tambah Kepala Subdirektorat (Kasubit) Kelembagaan dan Kerja Sama Diktis Adib Abdushomad.

Pembinaan akreditasi  tersebut ditujukan guna menindaklanjuti perguruan tinggi yang tidak memenuhi syarat peringkat akreditasi.

Tampak hadir dalam peluncuran SPAN-UM PTKIN 2022 oleh Gus Yaqut tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali, Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Suyitno, Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq, Ketua Forum Pimpinan PTKIN Mahmud, serta sejumlah Rektor dan Wakil Rektor dari 58 PTKIN di seluruh Indonesia. (*)

Pewarta : Imam Kusnin Ahmad
Editor : Imam Kusnin Ahmad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.