Pendidikan

UIN KHAS Jember Tuangkan Pemikiran Kiai Haji Achmad Siddiq ke Dalam Buku

Rabu, 24 November 2021 - 07:57
UIN KHAS Jember Tuangkan Pemikiran Kiai Haji Achmad Siddiq ke Dalam Buku Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto (kanan) dan Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman dalam peluncuran buku. (FOTO: Humas UIN KHAS Jember for TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, JEMBER – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember - sebelumnya bernama IAIN Jember - menerbitkan buku berjudul Visi Kebangsaan KH Achmad Siddiq dalam Paradigma Keilmuan UIN KHAS Jember. 

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Bildung Yogyakarta bekerja sama dengan Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember. 

Ketua Umum PBNU Prof. Dr. Said Aqil Siroj mengisi kata pengantar di dalam buku yang dieditori Direktur Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember, Wildani Hefni.

Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto mengungkapkan bahwa buku tersebut merupakan refleksi bersama untuk menghadirkan kembali pemikiran-pemikiran agung dari Kiai Haji Achmad Siddiq, seorang tokoh bangsa asal Jember dan menjadi teladan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Dalam buku ini, dijelaskan tentang sejumlah argumentasi penting penggunaan nama Kiai Haji Achmad Siddiq sebagai nama kampus yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember. Buku ini sangat komprehensif mendedah pemikiran Kiai Haji Achmad Siddiq dan kaitannya dengan kelembagaan UIN KHAS Jember," kata Babun Suharto dalam peluncuran buku itu, Senin (22/11/2021) di Jember.

Dia melanjutkan, visi dan pemikiran kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq diharapkan dapat dilanjutkan oleh UIN KHAS Jember dalam membumikan nilai-nilai Islam moderat, komitmen kebangsaan, dan teladan keumatan untuk membawa tatanan kehidupan yang lebih baik di tengah keragaman kehidupan.

Babun berharap buku ini adalah penanda awal untuk segera lahir buku-buku berikutnya tentang Kiai Haji Achmad Siddiq, misalnya cara berkomunikasi Kiai Haji Achmad Siddiq terutama tentang penerimaan asas tunggal Pancasila pada Pelaksanaan Muktamar NU di Sukorejo, Situbondo. 

“Fakultas Dakwah bisa melanjutkan pengembangan ini, dengan mendalami gaya komunikasi Kiai Achmad Siddiq yang mampu meyakinkan semua pihak untuk menerima asas tunggal Pancasila pada saat Muktamar NU,” harap Babun.

Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman yang hadir mewakili keluarga Kiai Haji Achmad Siddiq menyampaikan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan UIN KHAS Jember dengan menerbitkan buku tentang Visi Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq.

“Saya mewakili keluarga Kiai Haji Achmad Siddiq menyampaikan terima kasih. Semoga buku ini dapat menjadi amal baik bapak ibu Dosen UIN KHAS Jember,” kata Gus Firjaun.

Gus Firjaun berharap seluruh civitas academika UIN KHAS Jember, masyarakat Jember serta masyarakat luas dapat meneladani perjuangan kebangsaan, ruh pemikiran, pengalaman, pengetahuan dan kebijaksanaan dari Kiai Haji Achmad Siddiq. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.