Pendidikan

UB Sediakan Ruangan Khusus untuk Peserta Difabel UTBK SBMPTN 2022

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:54
UB Sediakan Ruangan Khusus untuk Peserta Difabel UTBK SBMPTN 2022 Salah satu peserta difabel yang mengikuti UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Brawijaya. (Foto: Humas UB)

TIMES SITUBONDO, MALANGUniversitas Brawijaya Malang (UB Malang) menyediakan tempat khusus untuk peserta difabel Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2022. Informasi yang dihimpun, ada tujuh peserta difabel yang mengikuti UTBK di UB.

Lima peserta tuna daksa telah mengikuti tes pada sesi pertama, Selasa (17/5/2022). Sedangkan dua peserta low vision mengikuti tes pada Kamis (19/5/2022).

Kegiatan UTBK di UB dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, sarung tangan, sterilisasi ruangan, fasilitas mencuci tangan, dan menjaga jarak antar peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES menyampaikan, para peserta difabel diberikan tempat khusus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) yang memiliki aksesibilitas untuk difabel.

Dalam mengerjakan soal UTBK, peserta difabel low vision didampingi oleh pendamping yang bertugas membantu membacakan soal dan menginput jawaban melalui komputer sesuai jawaban yang diberikan peserta.

“Alhamdulillah tidak kesulitan saat mengerjakan soal, tetapi harus berburu dengan waktu karena banyak soal dengan bacaan yang panjang,” ungkap salah satu peserta difabel low vision Iva Salsabila.

Ia menambahkan, akses menuju lokasi ujian juga dapat dengan mudah dijangkau melalui denah dan petunjuk.

“Mencari lokasi ujian cukup mudah, dan dengan adanya bantuan pendamping sangat memudahkan sekali,” kata peserta lulusan SMAN 1 Bululawang ini.

Sama halnya dengan Iva, peserta UTBK dari SMAN 1 Gondanglegi Dewinta Sasi Kirana juga mengapresiasi pelaksanaan UTBK di UB.

“Sebelumnya, saya sudah persiapan dari rumah dengan melakukan pengecekan lokasi secara virtual melalui laman Selma. Dan ketika datang di UB langsung diarahkan oleh petugas, sehingga tidak kesulitan mencari lokasi,” ujar Dewinta.

Ia mengapresiasi pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 di UB yang berjalan tertib dengan proses ketat. UB Malang juga menyiapkan metal detector untuk mengantisipasi kecurangan selama mengikuti ujian. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.