Olahraga

PPI Tiongkok Gelar COPA 2022 War of The Three Kingdoms

Selasa, 25 Januari 2022 - 16:48
PPI Tiongkok Gelar COPA 2022 War of The Three Kingdoms Salah satu moment COPA 2022 yang digelar PPI Tiongkok. (FOTO: PPI Tiongkok for TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPI Tiongkok) tahun ini (2022) mengadakan event olahraga COPA 2022 yang bertajuk “War of The Three Kingdoms” dengan dukungan dari Chinese Life Insurance Indonesia.

COPA 2022 merupakan event olahraga yang dilakukan selama delapan hari mulai tanggal 14 hingga 21 Januari 2022.

Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang menempuh pendidikan di Tiongkok mewakili cabang dan region masing-masing untuk memperebutkan juara umum COPA 2022.

COPA 2022 menggelar 6 cabang lomba olahraga, yaitu basket, badminton single, badminton double, Mobile Legends, PUBG dan virtual chess. "COPA" sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti cup atau piala.

COPA 2022 kali ke-6 yang diadakan di salah satu kota di Indonesia yaitu Jakarta.

Setelah absen dari program kerja Bidang Olahraga PPI Tiongkok selama 2 tahun terakhir, COPA tahun ini diadakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena diselenggarakan secara online dan offline.

PPI Tiongkok COPA 2022 2COPA 2022 digelar dengan tujuan untuk mewadahi pelajar-pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Tiongkok untuk saling mengenal satu sama lain. (FOTO: PPI Tiongkok for TIMES Indonesia)

Pertandingan olahraga konvensional (basket dan badminton) diselenggarakan secara offline tepatnya di Cometa Arena, Pluit, Jakarta dengan menggunakan peraturan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sedangkan pertandingan e-sports (Mobile Legends, PUBG, dan virtual chess) diselenggarakan secara daring dan disiarkan secara live streaming di platform YouTube PPI Tiongkok Channel. Setiap cabang olahraga ini memiliki kesempatan untuk mengirimkan tim terbaik nya untuk bertanding di COPA 2022.

Menurut ketua pelaksana COPA 2022, Sepriansah, kegiatan COPA ini digelar dengan tujuan untuk mewadahi pelajar-pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Tiongkok untuk saling mengenal satu sama lain, menjaga rasa nasionalisme, serta memaksimalkan potensi olahraga yang mereka miliki.

"Event ini sekaligus memperkenalkan budaya kebersamaan pelajar-pelajar Indonesia setiap tahunnya bagi masyarakat umum terutama kalangan mahasiswa atau pelajar yang ingin menempuh pendidikan di Tiongkok," katanya.

Melalui COPA 2022, PPI Tiongkok juga ingin mengajak masyarakat umum terutama para pelajar untuk membantu program pembangunan sekolah dasar Kuafenun untuk anak-anak di Desa Nuapin, Nusa Tenggara Timur melalui donasi yang sedang dikumpulkan. (Untuk informasi lebih lanjut mengenai donasi dapat dilihat di laman instagram @kuafenunbelajar)

Juara umum COPA 2022 tahun ini dimenangkan oleh Region Selatan dengan jumlah poin terbanyak dibandingkan Region lainnya.

"Selamat untuk pemenang COPA 2022, acara ini tentunya tidak akan sukses bila tidak ada dukungan dari seluruh mahasiswa Indonesia yang belajar di Tiongkok dan dukungan penuh dari Chinese Life Insurance Indonesia," kata Sepriansah. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.