Hukum dan Kriminal

Soal Kasus Pelecehan Seksual, Komnas HAM Segera Panggil Pihak KPI

Jumat, 03 September 2021 - 11:03
Soal Kasus Pelecehan Seksual, Komnas HAM Segera Panggil Pihak KPI Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara. (FOTO: law-justice.co)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menyampaikan, pihaknya akan menggali keterangan dari seluruh pihak dalam pelecehan seksual dan perundungan pegawai KPI (Komisi Penyiaran Indonesia).

"Saya tidak mau masuk ke penilaian masuk akal atau tidak. Kami saat ini fokus untuk memperoleh keterangan sebanyak-banyaknya baik dari korban, KPI, polisi maupun pihak lain terkait," katanya dalam keterangan yang dikutip Jumat (3/9/2021).

"Kami percaya dengan komitmen pimpinan KPI yang akan mengungkap tuntas peristiwa ini," kata Beka.

Beka mengatakan, Komnas HAM sedang mempersiapkan surat pemanggilan untuk pihak KPI. "Komnas akan berkirim surat dulu, minta keterangan tertulis setelah itu pendalaman. Minggu depan kita kirim suratnya. Sedang disiapkan," jelasnya.

Sebelumnya, dugaan pelecehan seksual dan perundungan pegawai KPI oleh rekan kerja sesama pria, terjadi di tahun 2015. Hal itu dikatakan oleh kuasa hukum korban Okto Halawan. "Karena gini, yang bersangkutan trauma ya. Psikisnya terganggu ya," katanya kepada wartawan, 

Okto mengatakan, kasus perundungan terhadap korban di KPI itu, juga sudah terjadi sejak 2012 silam. "Kasusnya bermula dari 2012. Karena klien kita ini kan orangnya kan nggak mau neko-neko ya, lurus-lurus aja lah. Tapi mungkin teman-teman lain yang membuat dia di-bully. 2015 terjadi namanya kasus yang lagi viral sekarang," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.