Gaya Hidup

Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur

Senin, 24 Januari 2022 - 00:31
Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur Rawon dengan kuah kental menggugah selera. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, SURABAYA – Jika anda berkunjung ke Jawa Timur maka sempatkan untuk mencicipi nasi Rawon. Rawon merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beberapa rempah-rempah yang membuat rasa dan baunya begitu menggoda.

Warna hitam dari kuah supnya didapat dari biji Kluwak. Takaran Kluwak yang dipakai dalam Rawon disesuaikan dengan selera masing-masing. Tak hanya berpengaruh pada warna, kluwak juga memberikan citarasa segar dan aroma khas.

Umumnya bahan utama Rawon terbuat dari daging sapi. Ada juga yang menggunakan babat dan jeroan sapi sebagai pelengkapnya. Beberapa bumbu dan rempah selain kluwak seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, kunyit, air asam jawa, kemiri dan serai juga ikut digunakan dalam pembuatan sup berwarna hitam ini.

Makanan ini disinyalir sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Makanan ini digadang-gadang menjadi menjadi hidangan utama bagi raja-raja yang berkuasa Pada jaman kerajaan terutama saat mereka sedang mengadakan pesta.

Saat ini, Rawon sudah dikenal ke berbagai penjuru di Indonesia. Tak hanya di Jawa Timur, makanan ini juga terkenal di Jawa Tengah dan Pulau Sumatera. Anda dpat menemukan makanan ini terhidng di pedagang kaki lima hingga restauran mewah.

Tak ayal dengan rasanya yang nikmat dan khas, makanan ini akan membangkitkan kenangan indah sewaktu berkunjung ke Jawa Timur. Yuk, cari Rawon sambil rekreasi ke Jawa Timur!!!.

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.