Ekonomi

Pupuk Sulit Didapat, Warga Bergantung pada Bantuan Pemerintah

Senin, 06 Desember 2021 - 16:27
Pupuk Sulit Didapat, Warga Bergantung pada Bantuan Pemerintah Ratusan karung pupuk bantuan pemerintah siap didistribusikan.

TIMES SITUBONDO, SITUBONDO – Warga Desa Kalimas, Kecamatan Besuki menyambut baik pendisitribusian pupuk gratis yang dilakukan Bupati Situbondo, Karna Suswandi. Mereka berharap, bantuan tersebut tidak hanya diberikan satu kali saja. Melainkan dikucurkan secara rutin.

Mengapa demikian? Sebab keberadaan bantuan pupuk gratis itu menentukan keberhasilan tanam di Kota Santri Pancasila.

"Karena harus kita akui bersama, sampai saat ini pupuk masih cukup langka. Kami kesulitan mendapatkan pupuk. Jika pun ada, harganya cukup mahal," ungkap M Hidayat, salah seorang petani asal Kalisari, Senin (6/12/2021).

Menurut dia, harga pupuk idealnya sebesar Rp125 ribu perkarung. "Namun sekarang naik sekitar dua kali lipat. Sekitar Rp 300 ribu perkarung," ujarnya.

Keadaan tersebut tentunya sangat menyulitkan petani. "Kita bisa gagal panen jika tidak menemukan pupuk. Kalau pun beehasil, hasilnya tidak akan maksimal," jelasnya.

Karena itu, kata Hidayat, sudah selayaknya bantuan terus diberikan oleh pemerintah daerah. Sampai harga pupuk kembali normal dan keberadaannya tidak langka.

"Sekali lagi, saya berharap tidak hanya di tahun 2021 saja pembagian pupuk gratis. Melainkan di tahun 2022 juga sama. Itu keinginan saya," ucapnya.

Lebih lanjut, M. Hidayat mengatakan, pihaknya bersama puluhan petani lainnya di Desa Kalimas masing-masing mendapat bantuan pupuk satu karung. "Isinya sekitar 50 Kilogram (Kg)," pungkasnya. (*)

Pewarta : Izzul Muttaqin (MG-385)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.