Ekonomi

Nikmatnya Sambal Mamong, Sambal Ikan Asap Khas Lamongan

Minggu, 16 Mei 2021 - 17:04
Nikmatnya Sambal Mamong, Sambal Ikan Asap Khas Lamongan Sambal Mamong, sambal ikan asap produksi Kika Puji Wahyuni, salah satu pelaku UMKM Lamongan. (FOTO: Kika Puji Wahyuni for TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, LAMONGAN – Sambal menjadi menu pendamping yang banyak digemari masyarakat. Di Kabupaten Lamongan, sambal ikan asap menjadi salah satu primadona.

Kini untuk menikmati sambal ikan asap tidak perlu lagi susah payah mempelajari resepnya, karena sambal ikan asap khas Lamongan sudah tersedia dalam kemasan Sambal Mamong.

Sambal Mamong merupakan produksi salah satu pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Lamongan, Kika Puji Wahyuni, asal Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung.

Wanita yang akrab disapa Kika ini mengungkapkan,  dirinya memproduksi sambal ikan asap siap saji karena terdorong dari keinginannya meningkatkan nilai ekonomis ikan.

"Lamongan ini kan penghasil ikan, ikan tambak maupun ikan laut kan banyak," kata Kika.

Sambal-Mamong-2.jpg

Menurut Kika, jika hanya dijual berupa ikan segar, maka nilai jual ikan lebih rendah dibandingkan ketika dijual sebagai produk olahan ikan.

"Untuk meningkatkan nilai ekonomisnya, maka kita olah jadi ikan asap, nah ikan asap pun kan masa tahannya nggak lama. Jadi kita olah menjadi sambal kemasan, dikasih bumbu rempah-rempah khas Lamongan," tuturnya.

Selain memiliki nilai ekonomis lebih tinggi, produk olahan sambal ikan asap juga bisa bertahan lebih lama, sekitar 2 sampai 3 bulan.

Sambal ikan asap dengan merk Sambal Mamong buatan Kika tersebut cukup laris dipasaran. Bahkan penjualan sudah sampai keluar pulau.

"Pemasarannya selain offline, kita juga sudah online. Keluar pulau juga sudah banyak pesanan, seperti ke Pontianak, Banjarmasin, Semarang, Sragen, terus Situbondo, Lampung terutama, karena produk kita juga dipasarkan di sana," ucap Kika.

Satu hal yang menarik dari sambal ikan asap buatan Kika adalah nama produknya, yaitu Sambal Mamong.

Kika mengungkapkan, nama Mamong diambil dari nama panggilan anak keduanya semasa kecil, yang kerap disapa dengan sebutan Mamong (Muhammad Lamongan).

"Mamong itu, dulu anak saya yang kedua itu kan waktu kecilnya suka disebut mamong mamong, Muhammad Lamongan, jadi terinspirasi dari itu," katanya.

Sambal ikan asap buatan Kika ini terdiri dari beberapa jenis ikan, mulai dari ikan Bandeng asap, Mujair asap, Togek asap, Tongkol asap dan Lele asap. Sambal Mamong bisa didapatkan di Plasa Lamongan lantau dua dan juga secara online. (*)

Pewarta : MFA Rohmatillah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.