Ekonomi

(STOK NATARU) Simak, Ini Tips Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Rabu, 29 Desember 2021 - 12:36
Simak, Ini Tips Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi Ilustrasi pengelolaan keuangan (Foto : pintek.id)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Mengatur atau mengelola keuangan menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan oleh setiap orang.

Masih banyak orang yang justru boros atau konsumtif akibat tuntutan gaya hidup seperti menghabiskan uang untuk jalan-jalan, belanja online, dan hiburan lainnya. Hal inilah yang perlu dihindari. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan :

1. Membuat Rencana Keuangan

Rencana keuangan bisa membantu dalam mengatur keuangan. Mulai dengan Menyusun pengeluaran dan pendapatan yang dimiliki. Dengan cara seperti, maka akan lebih mudah mengetahui berapa pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan.

2. Cari penghasilan tambahan

Jika penghasilan yang didapat belum cukup, kamu bisa menambah penghasilan dengan cara lain. Seperti, freenlance, part time, berjualan online atau pekerjaan lain. Penghasilan tersebut bisa kamu gunakan atau kamu tabung.

3. Sediakan Dana Darurat

Jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan kamu untuk dana darurat, ini merupakan salah satu cara untuk mengatur keuangan kamu juga. Pastikan dana yang disisihkan juga digunakan hanya untuk sesuatu yang darurat.

4. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Terkadang orang sulit membedakan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang kamu butuhkan dalam kehidupan sehari – hari. Oleh karena itu, jangan sampai kamu salah dalam membedakan kebutuhan dan keinginan.

5. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Saat menggunakan kartu kredit, perhatikan jumlah dana yang dikeluarkan dan jangan sampai kamu mendapat tagihan dana dengan jumlah yang besar. Kemudian jangan lupa untuk selalu segera melunasi setiap tagihan kartu kredit yang didapatkan.

Tips mengelola keuangan di atas akan berhasil dilaksanakan ketika ada niat penuh dari dalam diri sendiri. Oleh karena itu, mulailah dengan niat agar kamu bisa melaksanakan tips-tips di atas dengan baik. (*)

Pewarta : TIMES Magang 2024
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.