Berita

Anggota Komisi III DPR RI Berharap Polantas Polri Ikuti Kemajuan Teknologi

Rabu, 22 September 2021 - 15:11
Anggota Komisi III DPR RI Berharap Polantas Polri Ikuti Kemajuan Teknologi Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Padjalangi. (FOTO: DPR RI)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Padjalangi berharap kinerja Polisi Lalu Lintas (Polantas) di lingkungan Polri dapat terus berkembang dan mengikuti kemajuan teknologi yang sangat cepat.

"Perubahan perkembangan teknologi saat ini begitu cepat dan petugas Polantas harus cepat menyesuaikan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya," kata Andi Rio dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-66 Polantas Polri, Andi Rio berharap ke depan Polantas sudah dapat menerapkan tilang elektronik atau "e-tilang" di seluruh daerah tanpa terkecuali.

Menurut dia, hal tersebut sesuai harapan Kapolri Jenderal listyo Sigit Prabowo saat memaparkan visi dan misi Kapolri di hadapan Komisi III DPR RI beberapa waktu  lalu.

Andi Rio menjelaskan penerapan tilang elektronik merupakan salah satu langkah membantu program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara maju. "Saat ini beberapa negara maju sudah banyak mengaplikasikan penerapan tilang elektronik dalam penegakan pelanggaran lalu lintas kepada masyarakat," ujarnya.

Andi Rio menilai penerapan "e-tilang" merupakan salah satu upaya menghindari adanya kesewenangan anggota Polantas di lapangan. Selain itu, menurut dia, penerapan tilang elektronik untuk menghindari terjadinya gesekan antara masyarakat dan aparat yang bertugas di lapangan.

"Seperti yang terjadi beberapa hari lalu di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tentunya hal itu jangan sampai terulang kembali di kemudian hari," katanya.

Selain itu, Andi Rio mengucapkan selamat HUT Ke-66 Polantas Polri dan berharap dapat terus meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas menjadi polisi lalu lintas yang presisi, tangguh, dan tumbuh di era kenormalan baru.

Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Padjalangi  berharap Polantas Polri terus memberikan kontribusi demi tegaknya aturan hukum dalam berlalu lintas dan terus mengutamakan pendekatan persuasif dan humanis kepada masyarakat dalam melakukan tindakan penegakan hukum. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.