Berita

[CEK FAKTA] Mulai 20 Oktober 2021 Uni Eropa Menghentikan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 - 09:44
[CEK FAKTA] Mulai 20 Oktober 2021 Uni Eropa Menghentikan Vaksinasi Covid-19 Informasi tentang Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi covid-19 mulai 20 Oktober 2021.

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial bahwa Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi covid-19 mulai 20 Oktober 2021. Informasi tersebut dibagikan salah satunya oleh akun Facebook Arnas Nasution pada Kamis, 7 Oktober 2021. 

Akun Arnas Nasution mengunggah narasi berbahasa Melayu yang menyebut semua vaksin tidak lagi dibenarkan di Uni Eropa. Dalam narasi tersebut juga disebutkan akan ditetapkan obat baru, oleh karenanya penggunaan vaksin akan berhenti.  Akun tersebut juga menyertakan sumber informasi berupa tautan.
 
Berikut narasi lengkapnya:
PENGEDARAN KEPADA SEMUA ORANG yang tidak mahu "diberi vaksin".  Semua vaksin tidak lagi dibenarkan mulai 20.10.2021: maklumat yang disahkan.  Kesatuan Eropah telah meluluskan (https://ec.europa.eu/com.../presscorner/detail/fr/ip_21_3299) 5 terapi yang akan tersedia di semua hospital di Negara-negara Anggota untuk rawatan Covid.  Terapi ini telah disetujui dengan keputusan Majlis Eropah (Parlimen Eropah) dan akan berkuat kuasa mulai 1/10, jadi terapi ini akan diedarkan sedikit demi sedikit sekitar 20/10.  Vaksin disetujui secara "percubaan sementara".  Tetapi kerana keputusan itu akan menetapkan 5 ubat baru ini, penggunaan vaksin akan berhenti.  Oleh itu, kita memahami mengapa semua negeri mengatakan "antara bulan September adalah perlu ...".  Mereka sudah mengetahui segalanya.  Anda harus mempunyai kesabaran.  Jangan terima pemerasan.  Bersabarlah.  Sekarang ivermectin telah diluluskan semula, tidak perlu ada vaksin.  Berita baik.  Institut Pasteur menyedari keberkesanan Ivermectin.  Satu pengambilan boleh membasmi semua bahan genetik SARS covid-19 pada beberapa orang.  Baca dan kongsi dengan baik.
Berita baik: Ivermectin kini diakui secara saintifik sebagai ubat yang berkesan, dalam profilaksis dan rawatan Covid-19 oleh penyelidik di Institut Pasteur di Perancis.  Hasil kajian mereka diterbitkan dalam jurnal EMBO Molecular Medicine pada 12 Julai 2021, jadi baru-baru ini.  Analisis hasil penyelidikan lain yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics sangat menyeru, dengan bukti sokongan, untuk merapatkan garis panduan agensi kesihatan dan memasukkan Ivermectin sebagai standard penjagaan.  Kerajaan Macron tahu mengenainya ...
Jadilah baik dan jangan teragak-agak untuk menghiburkan orang yang tidak mahu mendapat vaksin
https://www.lettre-docteur-rueff.fr/dr-rueff-biographie/
https://www.lettre-docteur-rueff.fr/dr-rueff-biographie/
Mengenai vaksin.  Saya tidak tahu sama ada anda membaca bahasa Perancis, tetapi pada 20 Oktober, pas dan vaksinasi Covid akan dihapuskan di seluruh EU.  Keputusan Suruhanjaya Eropah menyediakan lima ubat yang berkesan, dan vaksin tersebut dikatakan "eksperimen dan sementara."
@NicholasVeniamin

cek fakta Uni Eropa 2Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/arnas.nasution.1/posts/10221430305166800)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi covid-19 mulai 20 Oktober 2021, salah. Sebaliknya, Uni Eropa menyatakan vaksinasi merupakan cara terbaik untuk mengakhiri pandemi dan kembali pada kehidupan normal.

Kami menelusuri tautan yang disertakan dalam informasi yang dibagikan akun Arnas Nasution. Tautan tersebut mengarah pada laman resmi Uni Eropa, europa.eu. Setelah membacanya, tidak terdapat pernyataan Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi. 

Dalam siaran pers yang dipublikasikan pada 29 Juni 2021 itu disebutkan ada lima terapi yang akan segera tersedia untuk merawat pasien covid-19 di seluruh Uni Eropa. Disebutkan pula strategi yang berfokus pada pengobatan pasien covid-19 merupakan kelanjutan dari strategi vaksin Uni Eropa yang berhasil, terbukti aman dan efektif untuk mencegah dan mengurangi penularan kasus, serta tingkat rawat inap dan kasus kematian yang disebabkan covid-19.

cek fakta Uni EropaSumber: Press corner | ec.europa.eu

Pemeriksaan atas klaim serupa juga dilakukan medcom.id. ([Cek Fakta] Uni Eropa Hentikan Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 Oktober 2021? Ini Faktanya | Medcom).

KESIMPULAN

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia,  klaim Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi covid-19 mulai 20 Oktober 2021 adalah salah. Sebaliknya, Uni Eropa menyatakan bahwa vaksinasi merupakan cara terbaik untuk mengakhiri pandemi dan kembali pada kehidupan normal.
 
Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: redaksi.timesmedia@gmail.com atau redaksi@timesindonesia.co.id (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.