Berita

Presiden RI Jokowi Paparkan Alasan Pilih PPKM Mikro Ketimbang Lockdown

Rabu, 23 Juni 2021 - 17:45
Presiden RI Jokowi Paparkan Alasan Pilih PPKM Mikro Ketimbang Lockdown Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). (FOTO: Setkab RI)

TIMES SITUBONDO, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan, saat ini Indonesia masih harus menghadapi ujian berat, karena beberapa hari terakhir ini angka Covid-19 kembali meningkat, dan juga adanya varian baru yang lebih mudah menular.

Ia mengaku, pemerintah telah menerima banyak masukan-masukan dan tentunya kami menyambut baik setiap masukan, baik pribadi, kelompok, ataupun masyarakat, termasuk usulan untuk memberlakukan kembali PSBB dan lockdown, mengingat lonjakan kasus positif yang sangat pesat.

"Kita ketahui bersama bahwa kenaikan kasus positif yang tajam menyebabkan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit juga semakin meningkat," katanya dalam keterangan pers, Rabu (23/6/2021).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku, pemerintah telah mempelajari berbagai opsi penanganan Covid-19 dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, kondisi sosial, kondisi politik di negara Indonesia dan juga pengalaman-pengalaman dari negara lain.

Dan pemerintah telah memutuskan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah, yaitu komunitas.

"Kenapa pemerintah memutuskan PPKM Mikro? Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini untuk mengendalikan Covid-19 karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat," jelasnya.

"Saya sampaikan bahwa PPKM Mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarakat, untuk itu tidak perlu dipertentangkan. Jika PPKM Mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus bisa terkendali," imbuhnya.

Persoalannya, lanjut mantan Wali Kota Solo itu, PPKM Mikro saat ini belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat. Untuk itu, ia minta kepada Gubernur, Bupati, dan Wali Kota untuk meneguhkan komitmennya mempertajam penerapan PPKM Mikro.

"Optimalkan posko-posko Covid-19 yang telah terbentuk di masing-masing wilayah desa atau kelurahan. Fungsi utama posko adalah mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin 3M (makai masker, menjaga jarak, mencuci tangan), kedisiplinan 3M menjadi kunci, dan menguatkan pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) hingga ke tingkat desa," ujar Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.