Berita

Produsen Tahu Situbondo Kurangi Produksi Selama Ramadan, Ini Alasannya

Minggu, 26 Maret 2023 - 20:09
Produsen Tahu Situbondo Kurangi Produksi Selama Ramadan, Ini Alasannya Endi, salah satu produsen tahu di Situbondo mengurangi jumlah produksi selama bulan Ramadan. (Foto: Miftahorrahman/TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, SITUBONDO – Memasuki minggu pertama bulan Ramadan 2023, produsen tahu Situbondo mengurangi produksi harian antara 20-50 persen. Hal ini karena turunnya minat beli masyarakat.

Rayana (51), warga Gang Tahu, Kecamatan Besuki, Situbondo menjelaskan, turunnya minat beli masyarakat membuat stok tahu tidak terjual habis.

Selain itu, juga banyak pedagang yang tak produksi selama pekan pertama bulan Ramadan. “Hari pertama puasa penjualan turun drastis,” kata Rayana kepada TIMES Indonesia, Minggu (26/3/2023).

Ia menjelaskan, langkah produsen mengurangi jumlah produksi tahu juga didasarkan pada perhitungan gaji pekerja. Dengan mengurangi produksi, maka jumlah pengeluaran untuk gaji juga berkurang. “Pengurangan produksi adalah cara terbaik,” ujarnya.

Sebagai salah satu produsen tahu goreng khas Situbondo, Rayana harus mengurangi produksi hingga 25 persen dari biasanya. Sebelumnya, ia memproduksi hingga 90 papan dengan keuntungan Rp 10 ribu tiap papannya.

Tapi selama Ramadan, produksi tahu goreng dikurangi hingga 60-65 papan tiap harinya. “Kadang habis, kadang ada sisanya,” kata Rayana.

Diketahui, papan adalah hitungan produksi tahu berdasarkan bentuk cetakan papan yang digunakan. Satu papan tahu dapat dipotong menjadi 100 potong tahu kecil atau sesuai permintaan.

Produsen tahu lain yang ikut mengurangi jumlah produksi adalah Maftuhan (43). Menurutnya, di hari biasa industri tahu rumahan miliknya dapat memproduksi hingga 150 papan.

Di momen Ramadan, dia memutuskan mengurangi produksi harian menjadi 70-75 papan saja. Ia menyebut langkah itu tidak ada yang dirugikan, termasuk pekerja. “Beban produksi dan bayaran pekerja tidak terpengaruh,” ujarnya.

Sebagai informasi, tahu olahan Situbondo memiliki citarasa khas gurih nikmat ketika digoreng. Berkat citarasa khasnya, tahu Situbondo diterima dan menjadi makanan favorit masyarakat termasuk di momen Ramadan. (*)

Pewarta : Rhomadona (MG-410)
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.