https://situbondo.times.co.id/
Berita

BNPT Sebut Ada Ratusan Pesantren Terafiliasi Terorisme, PBNU Minta Paparkan Nama

Jumat, 28 Januari 2022 - 22:33
BNPT Sebut Ada Ratusan Pesantren Terafiliasi Terorisme, PBNU Minta Paparkan Nama Ilustrasi - Pesantren terafiliasi dengan terorisme. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi desak Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk buka-bukaan pesantren mana saja yang sudah terafiliasi dengan terorisme. Menurutnya, hal itu agar tidak ada kekeruhan di tengah masyarakat.

"Saya minta dibuka dipaparkan agar jelas siapa saja mereka untuk menjawab keraguan masyarakat," katanya kepada TIMES Indonesia Jumat (28/1/2022).

Pria yang biasa di sapa Gus Fahrur itu mengatakan, dengan dibukanya data nama pesantren tersebut, akan menjadi jelas dan tentu data BNPT bisa nantinya dipertangungjawabkan.

"Agar tidak merugikan pesantren NU yang merupakan pendidikan masyarakat asli tertua di Indonesia yang telah berjasa sejak ratusan tahun sebelum Indonesia merdeka," jelasnya.

Menurutnya, jika memang data sudah valid bisa langsung di proses hukum bahkan bisa ditutup permanen.

"Karena jika disebut serampangan akan menimbulkan dugaan kepada pesantren yg tidak bersalah. Membuat stigma buruk kepada pesantren secara umum," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan, ada 198 pondok pesantren terafiliasi dengan terorisme.

la menyebut, 11 pesantren terafiliasi dengan jaringan organisasi teroris Jamaah Anshorut Khilafah (JAK), 68 pesantren terafiliasi dengan Jemaah Islamiyah (JI), dan 119 pesantren terafiliasi dengan Anshorut Daulah atau simpatisan ISIS.

"Kami menghimpun Ponpes yang kami duga terafiliasi dan tentunya ini juga merupakan bagian upaya-upaya dalam konteks Intel pencegahan yang kami laksanakan di lapangan," ujarnya soal pesantren yang terafiliasi dengan terorisme. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.