Berita

Menteri PUPR RI Optimistis Pembangunan Pintu Air Demangan Baru Selesai Akhir 2021

Sabtu, 12 Juni 2021 - 23:56
Menteri PUPR RI Optimistis Pembangunan Pintu Air Demangan Baru Selesai Akhir 2021 Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Pintu Air Demangan Baru di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Solo, Sabtu (12/6/2021) (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES SITUBONDO, SOLOMenteri PUPR RI Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Pintu Air Demangan Baru di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Solo, Sabtu (12/6/2021).

Pintu air yang tengah dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo ini berfungsi sebagai pengendalian banjir Kali Pepe dan pengendalian banjir Sungai Bengawan Solo di Kota Surakarta.

"Saya ke sini untuk melihat progres pekerjaan pembangunan Pintu Air Demangan Baru sebagai pengendali banjir, tahun lalu disepanjang Kali Pepe banjir karena Pintu Air Demangan Lama yang dibangun sejak jaman Belanda sudah kurang optimal. Apabila dibuka akan bergetar sehingga mengakibatkan longsor. Lokasi pembangunannya pun lebih dekat ke tepi Sungai Bengawan Solo. Sehingga jika terjadi back water bisa cepat diatasi dan tidak mengakibatkan banjir di hilir Kali Pepe tersebut," kata Menteri Basuki usai peninjauan, Sabtu (12/6/2021).

Turut mendampingi Menteri Basuki saat itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Basuki-Hadimuljono-2.jpg

"Pembangunan Pintu Air Demangan Baru dibangun sejak Oktober 2020 dan Insyaallah akhir tahun 2021 akan selesai, untuk sekarang progres telah mencapai 68 %," imbuh Menteri Basuki.

Menurut Menteri Basuki, pemanfaatan pintu air berguna untuk mengatur elevasi Kali Pepe yang bermuara ke Sungai Bengawan Solo. Pompa Pintu air yang dimiliki sebanyak enam buah, namun salah satunya disediakan untuk cadangan.

Dibangunnya Pintu Air Demangan Baru tersebut dikarenakan tingkat kepadatan penduduk yang semakin besar menyebabkan debit Kali Pepe dan Sungai Bengawan Solo juga menjadi semakin besar.

Selain itu umur struktur bangunan Pintu Air Demangan lama yang dibangun sejak tahun 1918 tersebut telah mencapai 100 tahun sehingga kemampuan pompa tersebut sudah berkurang kerjanya.

Menteri Basuki menambahkan bahwa untuk Pembangunan Pintu Air Demangan yang lama akan dijadikan bangunan Heritage, misalnya kita bangun ruang terbuka hijau, jembatan gantung sehingga  menjadi destinasti wisata bagi warga Surakarta," terangnya.

Pembangunan-Pintu-Air-Demangan-Baru-di-Kelurahan-Sewu.jpg

Ilustrasi - Pembangunan Pintu Air Demangan Baru di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Solo, Sabtu (12/6/2021) (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Pekerjaan Pembangunan Pintu Air Demangan Baru dikerjakan dalam 2 tahap. Tahap 1 dikerjakan sejak tahun 2019 dan telah rampung, pekerjaan berupa struktur pintu, revetment, dan parapet.  Adapun kontraktor pelaksana PT. Duta Mas Indah-PT. Bangkit Berkah Perkasa   dengan anggaran sebesar Rp41,7 miliar.

Tahap 2 dikerjakan sejak tahun 2020 dengan pekerjaan berupa 3 buah pintu air yang masing-masing berukuran 2,5 meter, pompa utama 6 unit masing-masing berkapasitas 2,5 m3/detik, pompa lumpur 3 unit masing-masing berkapasitas 50 liter/detik, genset 4 unit (2 unit berkapasitas 1000 kVA dan 2 unit berkapasitas 80 kVA), rumah pompa, rumah jaga, dan rumah genset.

Tahap 2 ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Minarta Dutahutama dengan anggaran sebesar Rp71 miliar. Saat ini progres pekerjaannya telah mencapai 68,6% dan ditargetkan akan selesai sesuai kontrak pada November 2021.

Ikut mendampingi Menteri PUPR RI saat meninjau pembangunan Pintu Air Demangan Baru, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Biro Komunikasi Publik Krisno Yuwono, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-D.I Yogyakarta Satrio Sugeng Prayitno, Kepala BBWS Bengawan Solo Agus Rudyanto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai III Yudhi Triana Dewi. (*)

 

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.