Berita

Umrah Segera Buka, Kemenag RI: Calon Jamaah Segeralah Vaksin

Selasa, 21 September 2021 - 20:45
Umrah Segera Buka, Kemenag RI: Calon Jamaah Segeralah Vaksin ILUSTRASI - Jamaah Umrah.

TIMES SITUBONDO, JAKARTA – Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag RI Khoirizi minta masyarakat, khususnya calon jemaah umrah, segera melakukan vaksinasi Covid-19.

"Saya ingin bertanya hari ini, sudah siapkah kita berangkat umrah tahun ini? Kenapa? Karena saya melihat masih banyak calon jemaah kita, peserta umrah kita yang sampai hari ini belum vaksin," ujar Khoirizi dalam diskusi daring, Selasa (21/9/2021).

Khoirizi mengatakan, vaksin adalah syarat awal agar jemaah bisa segera berangkat umrah. Sebab, pemerintah Arab Saudi memberikan ketentuan semacam itu.

Setelah para jemaah sudah melakukan vaksinasi pemerintah terus berusaha melakukan lobi agar Indonesia bisa memberangkatkan jemaah umrah.

"Jangankan kita ke Saudi mau melaksanakan umrah, mau ke mal saja ditanya sudah vaksin belum," katanya.

"Maka kami mengajak kita semua, bagaimana kita mendorong jemaah kita masyarakat kita untuk segera melakukan vaksin," lanjut dia.

Adapun pemerintah terus melakukan lobi pada Arab Saudi agar Indonesia dimudahkan dari berbagai isu mendasar seperti suspend keberangkatan, vaksin ketiga dan protokol kesehatan.

Saat ini, kata Khoirizi, suspend Indonesia untuk masuk Arab Saudi sudah dibuka meskipun hanya untuk ekspatriat dan mukimin.

Sementara terkait vaksinasi, kini pemerintah Arab Saudi sudah memperbolehkan vaksin Sinovac meski dengan tambahan satu kali booster.

"Kiranya dalam waktu dekat dengan menggunakan dua amunisi tadi segera membuka kesempatan umat muslim Indonesia untuk laksanakan umrah," ungkapnya.

Khoirizi menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat akan berkunjung ke Arab Saudi untuk melakukan diplomasi tingkat tinggi.

Pertemuan itu untuk menemui seluruh jajaran di pemeritahan Arab Saudi untuk meyakinkan bahwa Indonesia siap melaksanakan umrah.

"Mari, kita semua, dalam hal ini penyelenggraa umrah kita segera menyiapkan jemaah mana kala ketika arab saudi," ucap pejabat kemenag RI. (*)

Pewarta :
Editor : Imam Kusnin Ahmad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.