Berita

Batas Wilayah Geografis di Desa Selasari Masih menggunakan Batas Alam

Jumat, 15 Oktober 2021 - 21:41
Batas Wilayah Geografis di Desa Selasari Masih menggunakan Batas Alam Kepala Desa Selasari Udin Tugaswara saat menerima kunjungan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMES SITUBONDO, PANGANDARAN – Batas wilayah geografis seperti Dusun di Desa Selasari atau Desa Wisata yang masuk nominasi 50 Desa Wisata se-Indonesia masih menggunakan batas alam.

Kepala Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Udin Tugaswara mengatakan, batas-batas yang diberlakukan untuk menentukan geografis wilayah menggunakan sungai dan perbukitan.

"Kebanyakan setiap Dusun disini dipisahkan oleh aliran sungai dan perbukitan," kata Udin, Jumat (15/10/2021).

Udin menambahkan, batas wilayah Desa Selasari sebelah utara adalah Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, sebelah selatan Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, sebelah timur Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, sebelah barat Desa Bojong, Kecamatan Parigi.

"Keunikan inilah yang menjadi perbedaan Desa Selasari dengan Desa lain yang ada di Kabupaten Pangandaran," tambahnya.

Kondisi sungai dan perbukitan yang ada di Desa Selasari juga telah dirasakan oleh masyarakat banyak memberikan sumber daya alam yang bisa dinikmati.

"Batu alam, bambu dan kayu yang melimpah telah memberikan kesetabilan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Selasari," jelasnya.

Mayoritas masyarakat di Desa Selasari berpenghasilan dari tanaman palawija dan padi, sedangkan banyaknya sungai juga bisa digali dan mendukung program pembangunan.

"Menurut data, Desa Selasari telah ada sejak jaman penjajahan Jepang," papar Udin.

Keberadaan Desa Selasari berada pada ketinggian 200-500 mdpl dan memiliki luas wilayah kurang lebih 2.292.500 hektare yang terbagi dalam 45 RT dan 17 RW serta 8 Dusun.

"Dusun yang terdapat di Desa Selasari di antaranya, Dusun Salakambang, Dusun Cikawung, Dusun Banjarsari, Dusun Tenjosari, Dusun Karangmukti, Dusun Giriharja, Dusun, Cikadu dan Dusun Pepedan," terangnya.

Desa Selasari juga merupakan Desa yang terluas di Kecamatan Parigi. (*)

Pewarta : Syamsul Ma'arif
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.