Berita

Presiden RI Jokowi Lakukan Pertemuan dengan Kanselir Jerman, Ini yang Dibahas

Selasa, 28 Juni 2022 - 14:37
Presiden RI Jokowi Lakukan Pertemuan dengan Kanselir Jerman, Ini yang Dibahas Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) saat berbincang dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz. (FOTO: Setkab RI)

TIMES SITUBONDO, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/06/2022) waktu setempat.

Mereka membahas penguatan kerja sama ekonomi dan terkait Presidensi G20 Indonesia. Jokowi menjelaskan, sebagai ekonomi terbesar di Eropa dan Asia Tenggara, peluang kerja sama ekonomi Indonesia dan Jerman sangat besar.

"Di sektor energi baru dan terbarukan, dan di sektor industri teknologi tinggi,” ujar Presiden Jokowi dikutip TIMES Indonesia dari laman resmi Setkab RI Selasa (28/6/2022).

Di sektor energi baru dan terbarukan, Presiden Jokowi berharap Jerman bisa menjadi mitra dalam mengolah potensi 474 gigawatt sumber energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mengapresiasi apresiasi Green Infrastructure Initiative Jerman dengan komitmen pendanaan sebesar EUR 2,5 miliar selama lima tahun.

Terkait sektor industri teknologi tinggi, Presiden Jokowi menyampaikan Indonesia telah menyiapkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir yaitu dari pertambangan dan peleburan nikel hingga produksi baterai dan mobil listriknya.

Presiden melihat potensi kerja sama pengembangan industri semikonduktor dan menjadikan industri ini bagian dari rantai pasok cip global. “Indonesia juga siap untuk tindak lanjuti kerja sama pembangunan German Industrial Quarter yang nantinya dapat menjadi basis produksi dan rantai pasok global,” katanya.

Presiden RI Jokowi juga menyampaikan apresiasi terhadap dukungan Jerman terhadap Presidensi Indonesia di G20. Di tengah situasi yang sangat kompleks dan sulit, ia berharap Indonesia dan Jerman tetap ingin menjaga G20 agar tetap dapat menjadi katalis pemulihan ekonomi. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Situbondo just now

Welcome to TIMES Situbondo

TIMES Situbondo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.